Bentuk Karakter Peserta Didik, Gudep MTsN 7 Ciamis Gelar Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami)

WARTAMADRASAH.COM: CIAMIS - Perjusami, atau lebih dikenal dengan sebutan Perkemahan, Jum’at, Sabtu dan Minggu, adalah salah satu cara untuk lebih mempertajam jiwa kepanduan anggota Pramuka dan membentuk karakter peserta didik supaya lebih disiplin. Hal tersebut disampaikan Mabigus MTsN 7 Ciamis, H. Karman, S.Ag., M.Pd.I saat kegiatan Perjusami di Kompleks MTs Negeri 7 Ciamis, Jum’at s/d Minggu 25-27 Agustus 2017. Lebih lanjut dikatakannya bahwa melalui Pramuka kemandirian siswa akan dilatih.

"Pramuka sekarang terkesan manja, pramuka tidak membawa kayu dan batu tetapi kompor gas. Ini perlu diperhatikan, sehingga di Perjusami ini kalian akan berusaha mewujudkan visi misi Pramuka, terutama kemandirian," ungkapnya.

Acara yang diselenggarakan sejak hari  Jum’at s/d Minggu 25-27 Agustus 2017 itu diikuti 250 siswa kelas tujuh dan kelas delapan. Pada kegiatan tersebut para siswa diwajibkan mengikuti acara api unggun, pentas seni, peraturan baris berbaris (PBB), morse, senam, wide game, hingga berbagai kegiatan lainnya.
Salah seorang pembina Pramuka Nurkholis, S.Pd.I., mengungkapkan bahwa kegiatan Perjusami tersebut bertujuan melatih kemandirian dan kerja sama, serta dalam pembentukan karakter peserta didik, khususnya para siswa yang bersekolah di MTsN 7 Ciamis.

"Harapannya melalui kegiatan Perjusami ini, peserta didik yang ada di MTsN 7 Ciamis, lebih mandiri dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Lebih jauh, kemandirian dan kerja sama itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, " Tandasnya (Baehaki Efendi).