MTsN 1 Payakumbuh Juara Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

WARTAMADRASAH.COM: JAKARTA --- MTsN 1 Payakumbuh Sumatra Barat tahun ini berhasil menjadi juara satu Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2017. Madrasah binaan Kementerian Agama ini menjadi juara untuk jenjang SMP/MTs, Kategori Sekolah dengan kinerja terbaik (Best Performance), setelah mengalahkan SMP perwakilan provinsi di seluruh Indonesia.

Ajang tahunan ini merupakan kerjasama empat Kementerian, yaitu: Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri. Penganugrahan ini dilaksanakan di Jakarta.

Direktur Jenderal  Pendidikan Islam, Kamarudin Amin, mengaku bangga dan bahagia atas prestasi MTsN 1 Payakumbuh.  “Ini merupakan capaian luar biasa, terlebih di level nasional. (Madrasah ini) Mampu mengalahkan atau menyisihkan seluruh sekolah menengah di Indonesia. Saya pikir ini adalah hal yang luar biasa dan tidak mudah,” ujar Kamarudin Amin di Jakarta, Jumat (18/08).

Prestasi ini, kata Kamaruddin, menunjukkan bahwa madrasah mampu bersaing di tingkat nasional,  tidak hanya di bidang pendidikan agama, tetapi bidang akademik lainnya, seperti saintek dan kesehatan. “Ini membuktikan, bahwa madrasah semakin hari semakin lebih baik. Semoga prestasi ini diikuti oleh madrasah-madrasah lain,” sambung Kamaruddin.

Kepala MTsN 1 Payakumbuh Sumatera Barat, Sahidin, mengaku kaget dan terharu. Menurutnya, perjuangannya bersama tim selama ini tidak sia-sia, semua terbayar sudah. “Alhamdulillah bersyukur kepada Allah, ini adalah prestasi yang luar biasa,” ungkapnya gembira.

“Ini merupakan catatan sejarah, ada madrasah mampu juara satu tingkat nasional bidang kesehatan, terlebih kategori bidang best performance,” ujar Sahidin.

Sahidin menuturkan, apa yang dicapai MTsN 1 Payakumbuh Sumatera Barat bukan hasil perorangan, tapi kerja dan dukungan semua tim. “Budaya hidup sehat di sekolah harus dilaksanakan oleh tim, tidak bisa jalan sendiri-sendiri. Kepala madrasahnya hebat, tapi jika siswa dan gurunya tidak sadar hidup sehat, maka tidak akan jalan,” ungkapnya.

“Kalau tim sudah berjalan dan solid, apapun yang kita rencanakan atau apapun yang kita jalankan insya Allah akan tercapai,” tambahnya.

Menurut Sahidin, hal utama yang ia tanamkan kepada guru, siswa, dan pegawai madrasah adalah tentang budaya sehat. “Kalau budaya sehat sudah jalan, tertanam di semua kalangan madrasah baik guru, siswa, maupun pegawai, maka prestasi akan mengikuti sendiri,” tambah Sahidin.

Sebelum mencapai tingkat nasional, MTsN 1 Payakumbuh Sumatera Barat mengikuti beberapa tahapan seleksi, mulai kecamatan, kota, sampai provinsi. “Alhamdulillah madrasah kami dipercaya untuk mewakili provinsi Sumatera Barat ikut tingkat nasional,” tutup Sahidin.

Selain MTsN 1 Payakumbuh Sumatra Barat, ada 4 madrasah lain yang menjadi juara, yaitu: 

  1. MTsN 2 Bandar Lampung (Lampung), juara 2 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2017, jenjang SMP/MTs, Kategori Sekolah dengan kinerja terbaik (Best Performance);
  2. MTs Muhammadiyah 2 Pekanbaru (Riau), Juara Harapan 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2017, jenjang SMP/MTs, Kategori Sekolah dengan kinerja terbaik (Best Performance);
  3. MA Mualimin NW Pancor (NTB), Juara 3 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2017, jenjang SMA/MA, Kategori Sekolah dengan pencapaian terbaik (Best Achievment);
  4. MTsN 10 Hulu Sungai Selatan (Kalsel), Juara Harapan 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2017, jenjang SMP/MTs, Kategori Sekolah dengan pencapaian terbaik (Best Bchievment).

Sumber : KEMENAG.GO.ID
Penulis : Maryani Abdul Muiz
Editor : khoiron