Santri Bahrul Ulum Juara Umum Kontes Robot di Surabaya

indonesiasatu, 08 Mar 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Perwakilan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang, Jawa Timur berhasil juara umum dalam lomba Kontes Robot Hidrolik dan Spaghetti Structure Challenge di Universitas Widya Kartika (UWIKA) Surabaya.

Kepala MAN 3 Sutrisno mengatakan peserta didiknya berhasil merebut juara umum dalam ajang kontes ini setelah melalui persiapan yang lama dan matang.

"Terima kasih atas segala bimbingan dan pelatihan dari tim kontes robotik UWIKA. Sehinga siswa madrasah kita yang selama ini belum pernah mendapatkan bimbingan dan pelatihan robotik. Dan ketika mengikuti kontes langsung menjadi juara umum,” katanya, Kamis (07/03).

Dikatakannya, juara satu katagori Robot Spaghetti diraih oleh Luckas Virnanda Suseno dan M Alwi Fadli. Selanjutnya, ada Ahmad Nur Faizin dan Fathoni Akmal Juara 2 katagori Robot Spaghetti. M Aldi Bimantoro dan M Yazid Mubarok meraih juara tiga katagori Robot Spaghetti. Sedangkan M Idad Zamzami dan M Asrori Rifqiansyah menduduki peringkat dua katagori Robot Hidrolik.

“Kunci kita dalam membimbing anak hingga bisa meraih juara yaitu ditanamkan sikap tegas, kerja keras, disiplin, tidak boleh mengeluh dan tidak mudah putus asa,” tambah Sutrisno.

Sutrisno mengatakan, peserta didiknya mayoritas santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas. Sehingga pendidikan karakter dan kedisiplinan siswa dibantu pengurus pondok. “Tidak bisa kita lupakan yaitu doanya para kiai dan bu nyai. Peserta didik kita rata-rata santri Bahrul Ulum,” ungkapnya.

Sutrisno menambahkan, santri diera revolusi 4.0 harus pandai mengelola dan memanfaatkan teknologi robot. Hal ini untuk memudahkan kehidupan manusia. Sehingga kemanfaatan santri di masyarakat lebih terasa. Santri di era teknologi harus bisa memanfaatkan teknologi untuk ladang dakwah.

“Setiap hari kita berlatih untuk membentuk mental tanding para siswa. Kita berharap suatu hari nanti para santri ini bisa punya alternatif dalam dakwah Islam. Agar menarik generasi muda,” tandasnya.(Choirurrojikin /kla) 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu