Sembilan Teladan Nasional Wakil Kemenag Diterima Presiden di Istana Negara

WARTAMADRASAH.COM: JAKARTA --- Istana Negara, Jumat (18/08) sore itu mulai terlihat ramai. Banyak orang dari berbagai usia berdatangan. Mereka adalah para teladan nasional, termasuk dari unsur Kementerian Agama,  yang diundang untuk bersilaturahim dengan Presiden Joko Widodo karena prestasi yang telah ditorehkan.

Salah satunya adalah Diah Ainul Latifa. Siswi kelas XII MAN 3 Malang Jawa Timur ini menjadi salah satu tamu undangan Presiden. Hadir di Istana Negara, baginya adalah sebuah karunia karena tidak pernah terfikir sebelumnya.

“Saya sangat bersyukur bisa hadir disini, itu karena diundang. Sebelumnya tidak pernah terfikir bisa ke sini, ternyata Allah memberikan anugerahnya ke sini lewat jalur prestasi,” kata perempuan yang baru saja mengukir prestasi pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional tahun 2017 di Yogyakarta.

Di hadapan para teladan Nasional, Presiden Joko Widodo berpesan agar masyarakat tidak takut bersaing dengan negara lain, termasuk dalam hal ekonomi. Menurutnya, saat ini Indonesia berada pada posisi 91. Ada peningkatan signifikan, tapi masih jauh dari target.

"Bersaing kita dari 180-an negara ranking kita masih di angka 91. Ya ndakjelek-jelek amat tapi buat saya masih kurang masih jauh kalau 91 rankingnya,” kata Presiden.

Indonesia, kata Presiden, juga masuk dalam jajaran 5 besar negara layak investasi di dunia. Berdasarkan hasil survei terbaru United National Conference On Trade and Developtment (UNCTAD) bertajuk The World Investment Report 2017, Indonesia sekarang berada di posisi 4, naik dari sebelumnya posisi 8.

"Kita berada pada ranking keempat. Ini sudah sangat baik dari 8 loncat ke-4," tegas Jokowi.

Survei Gallup World Poll (GWP) bahkan menempatkan Indonesia pada posisi pertama dalam hal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. "Biasanya yang pegang nomor 1 itu Swiss, negara Eropa. Ini nomor 1 Indonesia, nomor 2 Swiss, nomor 3 India," tukasnya.

Selain Diah, ada beberapa sosok-sosok berprestasi lainnya dari unsur Kementerian Agama yang juga mendapat undangan bertemu Presiden RI di Istana Negara. Berikut ini nama-nama teladan nasional yang mewakili Kementerian Agama:

  1.  I Made Sri Wirdata, S.Sos.H, Juara 1 Pemilihan Penyuluh Hindu Berprestasi Tahun 2016 dari Provinsi Nusa Tenggara Barat
  2.  Zumrotul Ulwiyah S,Ag, Penyuluh Agama Islam Teladan Tk Nasional 2016 dari Provinsi Bali
  3. Ihsan Marvel Khoirullah, Pemenang Medali Emas KSM Nasional Tahun 2017 Bidang Geografi dari MAN 3 Sleman
  4. Diah Ainul Latifa, Pemenang Medali Perak KSM Nasional Tahun 2017 Bidang Biologi dari MAN 3 Malang
  5. Syahrozad Zalfa Nadia, Juara 1 Tingkat MI Kompetisi Robotik Madrasah Tk Nasional Tahun 2016 dari MI Pembangunan UIN Jakarta
  6. Drs. H. Abdul Muthalib Rumaday, KUA Teladan Nasional dari Provinsi Papua
  7. Drs. H. Sobirin B Sabri, Keluarga Sakinah (suami) dari Prov. Kalimantan Selatan
  8. Dra. Hj. Adillah, Keluarga Sakinah (istri) dari Prov. Kalimantan Selatan
  9. Dharmanadi Chandra, Penyuluh Agama Buddha Teladan dari DKI Jakarta

Sumber : KEMENAG.GO.ID
Penulis : M Arif Efendi
Editor : khoiron