Wakapolda Bali Bertemu Div Humas Polri, Sampaikan Kesiapan Polda Bali Menjelang IMF-World Bank Annual Meeting 2018

INDONESIASATU.CO.ID:

DENPASAR-Wakapolda Bali bertemu Div Humas Polri, Sampaikan Kesiapan Polda Bali Menjelang IMF-World Bank Annual Meeting 2018 Usai mengunjungi Command Center Polda Bali pada Rabu (12/9/2018), Tim Divhumas Polri yang dipimpin AKBP Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si. bertemu Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha di Ruang Tamu Wakapolda Bali, Kamis (13/9/2018). Tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebijakan yang dilaksanakan Polda Bali dalam rangka menghadapi IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha dalam pertemuan tersebut menyampaikan, Polda Bali telah membentuk tim dengan sembilan subsatgas untuk meningkatkan pengamanan di masing-masing wilayah. Dimana, peran dari masing-masing satgas tersebut yaitu mendukung semua pelaskanaan dengan kegiatan operasi rutin yang ditingkatkan. Selain itu, simulasi terkait pengamanan IMF-World Bank Annual Meeting juga sudah dilaksanakan dan dipimpin langsung Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose. “Simulasi melalui TFG (Tactical Floor Game) dan Real Time dengan melibatkan seluruh personel dengan unit-unti yang disiapkan oleh PCO. Apabila ada hambatan dilapangan langsung dievaluasi oleh Kapolda Bali,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Jenderal bintang satu di pundak ini juga menyampaikan terkait keberadaan Command Center Polda Bali. Yang mana, keberadaannya sudah disampaikan oleh Kapolda Bali kepada Presiden World Bank saat menghadiri rapat di Amerika. Command Center ini akan dioperasionalkan di posko gabungan, sehingga semua kegiatan di kawasan maupun rute yang nanti akan dilalui oleh delegasi termasuk juga daerah-daerah penyangga seperti pintu masuk dapat dipantau dan dimonitor.

Terkait rekayasa jalan yang telah dilaksanakan oleh jajaran Dit Lantas Polda Bali, Wakapolda Bali mengungkapkan bahwa untuk rute dari bandara ke lokasi kegiatan sudah disiapkan dua jalur yaitu jalur utama dan jalur alternatif melalui tol. Namun, yang perlu diwaspadai yaitu khususnya pada saat gala dinner, mengingat jalur tersebut satu arah, banyak penduduk dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

“Antisipasinya yaitu dengan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat memaklumi bahwa akan ada kegiatan yang padat. Selain itu, jalur-jalur yang nanti digunakan akan dialihkan melalui jalur alternatif sehingga pada jalur utama tersebut khusus digunakan oleh rombongan delegasi, sehingga tidak terjadi kemacetan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Polda Bali juga sudah berkoordinasi dengan tiga wilayah jajaran Kominda (Komunitas Intelijen Daearah) termasuk jajaran operasional wilayah Jawa Timur, NTB dan Bali. Ini dilakukan agar masing-masing wilayah memonitor pergerakan dari kelompok-kelompok radikal yang mungkin ada upaya untuk mengganggu jalannya pertemuan tahunan ini. “Sampai saat ini aman, namun demikian sebagai aparat keamanan tetap mengantisipasi dengan melaksaakan koordinasi. Begitu juga penekanan yang disampaikan oleh Kapolri untuk meningkatkan soliditas dan koordinasi dengan sesama aparat keamanan baik dari tingkat pusat sampai dengan tingkat paling bawah,” pungkasnya.(adi)

  • Whatsapp

Index Berita